Minggu, 22 Desember 2013

Peran IQ, EQ, dan SQ


Peran IQ, EQ, dan SQ
1. IQ (Intelectual Quention)
Hakikat pendidikan Ada ungkapan yang menyatakan bahwa harapan besar masyarakat terletak pada karakter tiap individu. Ungkapan ini bila diartikan secara lebih luas mengandung makna bahwa tiap individu berperan dalam pembangunan peradaban. Hal ini karena masyarakat sendiri terdiri dari individu sehingga untuk membangun masyarakat, peran tiap individu sangat dibutuhkan.
Di dalam lingkungannya, individu dituntut untuk beradaptasi. Adaptasi yang dilakukan oleh manusia ini akan membentuk peradaban, sesuatu yang membedakan manusia dengan makhluk hidup lainnya. Peradaban ini berupa sistem-sistem simbolik (matematika, bahasa, musik), budaya, serta aturan-aturan sosial yang dibuat oleh manusia dan mengarahkan tingkah laku manusia dalam beradaptasi dengan lingkungannya yang dalam arti yang sangat luas adalah dunianya. Vygotsky (dalam Miller, 1999) dalam perkembangan dan adaptasi manusia dalam lingkungan tempat tinggalnya, fungsi kognisi manusia berperan di dalamnya. Pengendalian kognisi manusia ini diatur dalam suatu fungsi mental yang disebut sebagai higher mental function. Higher mental function ini berkembang melalui proses internalisasi, dimana hal-hal yang ada di luar individu menjadi bagian dari individu itu sendiri. Hal yang diinternalisasi oleh manusia adalah sesuatu yang dibutuhkan untuk hidup dan internalisasi ini mampu terjadi bila individu di masa awal hidupnya mendapatkan guidance dari orang-orang di sekitarnya. Guidance inilah yang termanifestasikan dalam pendidikan.
Salah satu bentuk yang harus di kembangkan adalah berkarya dan menciptakan hal-hal yang baru dalam peradapan (matematika, bahasa, musik). Untuk itulah, dalam pendidikan formal, upaya pengenalan terhadap budaya, watak dan karakter budaya membaca harus terus menerus di kembangkan. Di perguruan tinggi misalnya, universitas harus mampu menunjukkan wajah baru sebagai pusat penelitian dan pengabdian masyarakat.
Dari sisi IQ, upaya ini merupakan cara jitu untuk meningkatkan kemampuan otak manusia dalam mencipta. Budaya mencipta inilah yang masih asing ditelinga masyarakat Indonesia. Ini dikarenakan, masyarakat umumnya hanya menerima bukan membuat. Kondisi semacam ini yang seharusnya di ubah.
IQ adalah penunjang utama yang menggerakkan keberhasilan manusia, termasuk dalam daya cipta budaya membaca dan menulis. Sayangnya, dari 10 % kemampua otak, manusia baru mengunakan 3%. Seandainya mampu memanfaatkan 6% saja dari kemampuan tersebut, sudah pasti akan lebih genius dari Einstein.
Memaksimalkan kekuatan IQ memang menjadi konsekuensi dalam menciptakan masyarakat yang berkarakter budaya membaca di Indonesia. Dengan demikian, harus mengikutsertakan manusia yang kreatif. Mengenai kreatifitas, seorang sastrawan, Sutan Takdir Alisjahbana (STA) pernah menulis bahwa kreatifitas bukan ditentukan masyarakat, tetapi individu itu sendiri. Disamping itu untuk menciptakan individu yang kreatif, sikap hidup juga meski diubah. Salah satunya STA mrnyinggung bahwa budaya orang melayu yang terlalu halus, membuat mereka terkesan menjadi lemah. Lebih jelas dikatakan, ”kita harus mengubah orientasi estetis itu menjadi orientasi progresif. Jalan ini tak lain adalah pendidikan segala bidang”. Selain itu, manusia Indonesia juga harus dibentuk untuk mempunyai rasa percaya diri dan berdaulat. Dua hal ini yang secara psikologis akan mendukung munculnya sikap progresif.
Sikap progesif ditunjukan dengan aktif dalam berkarya. Sebagai makhluk pemikir, manusia harus terus menerus diarahkan untuk menyingkap rahasia dunia baru serta meghargai hasil pemikiran karya anak bangsa. Ini penting. Mengapa Indonesia miskin pustakawan yang secara konsep mengabdikan dirinya terhadap cerdas perpustakaan?, ini salah satunya adalah disebabkan rendahnya penghargaan terhadap pustakawan Indonesia. Tidak heran, mereka banyak yang alih profesi, hal ini senada dengan kurang minatnya siswa SMA yang masuk kedalam jurusan ilmu perpustakaan Universitas Isam Negeri Yogyakarta. Kondisi ini harus segera disikapi. IQ adalah ”alat” pencipta budaya membaca yang bukan hanya berharga, tetapi sekaligus butuh penghargaan.


2. EQ (Emotional Quetion)
EQ pertama diperkenalkan oleh Daniel Goleman. Dia menganalisis perang di Jerman. Sebuah tetis diajukan dengan mengatakan bahwa Jerman sebagai negara dengan IQ tertinggi di dunia, berbanding lurus dengan kekejamannya di dunia. Apakah ini yang dinakaman kecerdasan?, demikian dia berpendapat. Goleman Kemudian berpendapat bahwa IQ saja tidak cukup, untuk memberi label bahwa seseorang dikatakan cerdas. Ada satu komponen yang belum tersentuh, yakni emosi (EQ).
Inti dari EQ adalah bahwa manusia harus punya kekuatan batin dan hati dalam rangka mengelola emosi dan membangun relasi positif. Berkaitan dengan cerdas perpustakaan, pandangan jangan hanya diarahkan pada produk perpustakaan yang berbentuk fisik, tetapi juga perpustakaan yang berbentuk non fisik yang berhubungan dengan manusia sebagai pencipta dan menjalankan perpustakaan itu sendiri. Perlu diingat bahwa perpustakaan mengandung nilai filsafah hidup, orientasi, sikap, dan identitas.
Dalam penjabaran yang lebih konteks, filsafah hidup mengajarkan manusia untuk bisa selaras dengan lingkungan. Menurut Umar Khayam, mapan keselarasan akan mendukung kemapanan dunia dan filsafah yang menyatu dalam hidup manusia. Keselarasan akan menghindarkan kerusakan. Demikian dengan pendidikan EQ hendaknya mempelajarkan sikap budaya membaca dan menimbulkan niatan keperpustakaan yang menjadikan manusia mengerti akan arti hidup dan kehidupan. Orientasi mengarahkan pada perubahan yang lebih baik dalam kehidupan manusia yang didukung sikap peka dan terbuka terhadap perubahan. Sedangkan identitas adalah pembentukan budaya yang mengukuhkan nilai-nilai lokal masyarakat.
Kepekaan sosial hanya dapat dibangun ketika manusia memiliki sikap simpatik dan empatik dengan lingkungan sekitar. Inilah yang sebenarnya dikembangkan dalam EQ. Dengan bangunan yang kuat dari kekuatan EQ itulah, manusia akan berjalan secara manusiawi dan selaras dengan lingkungan. Gabungan yang kuat antara emosi, cipta, dan karya, akan membentuk masyarakat sadar pentingnya budaya membaca dan perpustakaan, sekaligus mampu mengimplementasikan secara cerdas.

3. SQ (Spiritual Quetion)
SQ dikembangkan melalui penelitian mendalam oleh Danah Zohar pada tahun 1932, sehingga tercipta buku 7 Habits oleh Stephen Covey. Inti SQ adalah bagaimana manusia mampu memaknai apa yang dikerjakan dan dihasilkan. Dengan demikian, akan terwujud sebuah empati yang beralas pada titik pribadi manusia sebagai makhluk ciptaan Tuhan. Inilah yang dinamakan titik kulminasi Tuhan atau dikenal dengan nama God Spod. Taufik pasiak menuliskan, ”Luar biasa bagi yang bersih hatinya, titik tuhan ini akan kelihatan bersinar”.
Dalam era globalisasi ini agama selalu dikesampingkan bahkan nyaris ditinggalkan. Selain itu, manusia saat ini melakukan tindakan yang anarkis dengan alasan agama, suku, ataupun budaya. Tak lagi menghiraukan budaya gotong royong yang dijunjung negara sejak dahulu dan tak menghiraukan keragaman adalah anugrah dari Tuhan.
Kondisi yang semacam ini sebenarnya menjadi bahaya terhadap masa depan negara dan manusia. Kedamaian tak akan terwujud jika manusia tak bisa menghormati satu sama yang lainnya, STA sebenarnya pernah mengingatkan dengan menuliskan, ”Karena agama bersifat ritual rasio lalu mendepaknya. Agama dan rasio berjalan sendiri-sendiri. Setelah berjalan lama sekali, jiwa manusia menjadi kosong, nilai-nilai itu membatu dan kering”.
Nilai-nilai kehidupan yang kering tersebut, harus disuburkan kembali dengan kembali kepada titik Tuhan sebagai pengendali segalanya. Manusia dan Tuhan tak bisa dipisahkan, demikian dengan imu pengetahuan yang bersumber dari ide, tak akan bisa muncul tanpa bimbingan Tuhan. Manusia terkadang tidak menyadari karena begitu kuatnya dorongan akal, tetapi titik Tuhan betapapun kecil akan tetap terlihat. Inilah kekuatan agama yang memberikan daya spiritual kepada manusia dan ciptaannya.
Dengan melihat betapa mudahnya manusia jatuh dalam lubang kerusakan, maka agama tetap harus menjadi counter dalam menciptakan masyarakat yang sadar akan karakter kebiasaan membaca di Indonesia ini. perpustakaan dimaknai bukan semata-mata perpustakaan dalam golongan sempit saja, tetapi didalam perpustakaan, terkandung misi penyelamatan bumi, negara dan manusia. Dalam Islam, ini sesuai dengan tugas manusia yakni sebagai pemimpin memakmurkan bumi, maka dengan demikian pembangunan bangsa yang cerdas perpustakaan, keragaman, dan berkarakter budaya membaca akan dapat terwujud.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar