Minggu, 22 Desember 2013

Mazhab-Mazhab Filsafat Pendidikan


Mazhab-Mazhab Filsafat Pendidikan

A. Filsafat Pendidikan Idealisme
1. Realitas
Filsafat idealisme memandang bahwa realitas akhir adalah roh, bukan materi, bukan fisik. Hakikat manusia adalah jiwanya, rohnya, yakni apa yang disebut “mind”. Mind merupakan suatu wujud yang mampu menyadari dunianya, bahkan sebagai pendorong dan penggerak semua tingkah laku manusia.
Idealisme tidak menolak eksistensidunia fisik di sekeliling kita, seperti rumah, pepohonan, binatang, matahari, bintang-bintang yang muncul terlihat pada malam hari.
Relitas mungkin bersifat personal, dan mungkin juga bersifat impersonal. Plato mengatakan bahwa jiwa manusia sebagai “roh” yang berasal dari “ide” eksternal dan sempurna.

2. Pengetahuan
Tentang teori pengetahuan, idealisme mengemukakan pandangannya bahwa pengetahuan  yang diperoleh melalui indera tidak pasti dan tidak lengkap, karena dunia hanyalah merupakan tiruan balaka, sifatnya maya (bayangan), yang menyimpang dari kenyataan yang sebenarnya, pengetahuan yang benar hanya merupakan hasil akal belaka, karena akal dapat membedakan bentuk spiritual murni dari benda-benda di luar penjelmaan material. Demikian menurut Plato.
Hegel menguraikan konsep Plato tentang teori pengetahuan dengan mengatakan bahwa pengetahuan dikatakan valid, sepanjang sistematis, maka pengetahuan manusia tetang realitas adalah benar dalam arti sistematis.



3. Nilai
Menurut pandangan idealisme, nilai itu absolut. Apa yang dikatakan baik, benar, salah, cantik, atau tidak cantik, secara fundamental tidak berubah dari generasi ke generasi. Pada hakikatnya nilai itu tetap. Nilai tidak diciptakan manusia, melainkan merupakan bagian dari alam semesta.

4. Pendidikan
Dalam hubungannya dengan pendidikan, idealisme memberi sumbangan yang besar terhadap perkembangtan teori pendidikan, khususnya filsafat pendidikan. 
Filsafat idealisme diturunkan dari filsafat idealisme metafisik, yang menekannkan pertumbuhan rohani. Kaum idealis percaya bahwa anak merupakan bagian dari alam spiritual, yang memiliki pembawaan spiritual sesuai dengan potensialitasnya.  Oleh karena itu, pendidikan harus mengajarkan hubungan antara anak  dengan bagian alam spiritual . Pendidikan harus menekankan kesesuaian batin antara anak dan alam semesta.
Seorang guru yang menganut paham idealisme harus membimbing atau didiskusikan bukan sebagai prinsip-prinsip eksternal kepada siswa, melainkan sebagai kemungkinan-kemungkinan (batin) yang perlu dikembangkan. Guru idealis juga harus mewujudkan sedapat mungkin  watak yang terbaik. Socrates, Plato dan Kant yakin bahwa pengetahuan  yang terbaik adalah pengetahuan  yang dikeluarkan  dari dalam diri siswa, bukan dimasukkan atau dijejalkan ke dalam diri siswa.  
Power (1982:89) mengemukakan implikasi filsafat pendidikan idealisme sebagi berikut:
a. Tujuan Pendidikan
Pendidikan formal dan informal bertujuan membentuk karakter, dan mengembangkan bakat atau kemampuan dasar, serta kebaikan sosial.
b. Kedudukan siswa
Bebas untuk menembangkan kepribadian dan kemampuan dasarnya/bakatnya.
c. Peranan Guru
Bekerja sama dengan alam dalam proses pengembangan manusia, terutama    bertanggung jawab dal menciptakan lingkungan pendidikan siswa. 
d. Kurikulum
Pendidikan liberal untuk pengembangan kemampuan rasional, dan pendidikan praktis untuk memperoleh pekerjaan.
e. Metode
Diutamakan metode dialektika, tetapi metode lain yang efektif dapat dimanfaatkan.

B. Filsafat Pendidikan Realisme
Realisme merupakan filsafat yang memandang realitas secara dualitas. Realisme berbeda dengan materialisme  dan idealisme yang bersufat monistis. Realisme berpendapat bahwa hakikat realitas ialaha terdiri atas dunia fisik dan dunia ruhani.
Realisme merupakan aliran filsafat yang memiliki beraneka ragam bentuk. Kneller membagi realisme menjadi dua bentuk, yaitu : 1. Realisme Rasional, 2. Realisme Natural Ilmiah

1. Realisme Rasional
Realisme rasional  didefinisikan kepada dua: realisme klasik dan realisme religius. Realisme klasik, ialah filsafat yunani yang pertama kali dikembangkan oleh Aristoteles, sedangkan realisme religius, dikembangkan oleh Thomas Aquina, dengan menggunakan filsafat Aristoteles dalam membahas teologi Kristen, yang disebut tornisme, pada saat filsafat gereja dikuasai oleh neoplatonisme yang dipelopori oleh Plotinus.


a. Realisme klasik
Realisme klasik oleh Brubacher (1950) disebut humanisme rasional. Realisme klasik berpandangan bahwa manusia pada hakikatnya memiliki ciri rasional. Dunia dikenal melalui akal, dimulai dengan prinsip “self evident” di mana manusia dapat menjangkau kebenaran umum. “Self evident” merupakan hal yang penting dalam filsafat realisme karena evidensi merupakan asas pembuktian tentang realitas dan kebenaran sekaligus.
b. Realitas religius 
Relisme religius dalam pandangannya tampak dualisme. Ada dua order yang terdiri atas “order natural “ dan “order supernatural”. Kedua order tersebut perpusat pada Tuhan. Pendidikan merupakan suatu proses untuk meningkatkan diri, guna mencapai yang abadi. 

2. Realisme Natural Ilmiah
Realisme natural ilmiah mengatakan bahwa manusia adalah organisme biologis dengan sistem syaraf yang kompleks dan secara inheren berpembawaan sosial (social dispossition) yang dinamakan berpikir merupakan fungsi yang sangat kompleks dari organisme yang berhubungan dengan lingkungannya. Kebanyakan dari penganut realisme natural menolak eksistensi kemauan bebas (Free will). Mereka bersilang pendapat dalam hal bahwa individu ditentukan oleh akibat lingkungan fisik dan sosial dalam struktur genetiknya. Apa yang tampaknya bebas memilih, kenyataannya merupakan suatu determinasi kausal (ketentuan sebab akibat).
Menurut realisme natural ilmiah, filsafat mencoba meniru objektivitas sains. Karena dunia sekitar manusia nyata, maka tugas sainslah untuk meneliti sifat-sifatnya. Tugas filsafat mengkoordinasikan konsep-konsep dan temuan-temuan sains yang berlainan dan berbeda-beda. Perubahan merupakan realitas yang sesuai dengan hukum-hukum alam yang permanen yang menyebabkan alam semesta sebagai suatu struktur yang berlangsung terus. Pandangannya tentang teori pengetahuan (epistemologi), realisme natural ilmiah mengatakan bahwa dunia yang kita amati bukan hasil kreasi akal atau jiwa (mind) manusia.

3. Neo-Realisme dan Realisme Kritis
Elain aliran-aliran teori di atas, masih ada lagi pandangan-pandangan lain yang termasuk realisme. Alirn-aliran tersebut disebut “Neo-Realisme” dari Frederick Breed, dan “Realisme Kritis” dari Immanuel Kant. Menurut pandangan Breed, filsafat pendidikan hendaknya harmoni dengan prinsip-prinsip demokrasi. Prinsip pertama demokrasi adalah hormat dan menghormati atas hak-hak individu. Pendidikan sebagai pertumbuhan harus diartikan sebagai menerima arah tuntutan sosial dan individual. 
Menurut Kant, semua pengetahuan mulai dari pengalaman namun tidak berarti semuanya dari pengalaman. Objek luar dikenal melalui indera nmun pikiran atau rasio, atau pengertian. Pengalaman tidak hanya sekedar warna, suara, bau yang diterima alat indera melainkan hal-hal tersebut diatur dan disusun menjadi suatu bentuk yang terorganisasi oleh pikiran kita. Pengalaman merupakan suatu interprestasi tentang benda-benda yang kit terima melalui alat indera kita.






Sumber:
Sadulloh, Uyoh. 2009. Pengantar Filsafat Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar